Monday, September 1, 2014

Bacotan Kurikulum 2013

Tags

Hai sob,ane balik lagi .. Kali ini ane iseng mau ngepost tentang Kurikulum 2013, ane mau sedikit ngebacot tentang kurikulum 2013 karena ane salah satu korban dari kurikulum 2013 .. Sebelum ane ngebacot,ane mau jelasin dulu secara singkat Kurikulum 2013 itu apa ..



      Kurikulum 2013 merupakan sebuah pembelajaran yang menekankan pada aspek afektif atau perubahan perilakku dan Kompetensi yang ingin dicapai adalah kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, disamping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.
     Kurikulum 2013 untuk SD, bersifat tematik integratif dantingkat SMP & SMA (Kompetensi dikembangkan melalui: Mata pelajaran); sedangkan tingkat SMK (Kompetensi dikembangkan melalui: vokasional). Semua mata pelajaran menggunakan diajarkan dengan pendekatan yang sama yaitu menggunakan pendekatain saintifik, yang menggunakan 5 M : Mengamati,Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar dan Mengkomunikasikan. Nanti juga nilai di Rapor kita itu udah beda, ga make angka 10-100 lagi tapi make kaya kuliahan gitu,Istilah nya mah di konversikan .. Nih supaya lebih paham

Udah ya secara singkat ajah, kalian juga pasti udah pada dikasih tau sama guru tentang kurikulum 2013 itu gimana ..

Jadi............. Kurtilas itu bagi ane kaya nyiksa ya walaupun ane tau Tujuan dari Kurikulum 2013 itu untuk buat SDM di Indonesia jadi lebih baik lagi ..Tapi kalau caranya gini ya ga baik juga buat pelajar yang jadi Korban Kurtilas .. Kenapa ga baik ? Coba bayangin ajah .. Dari Senin sampe Sabtu kita berangkat pagi, kalau disekolah ane jam 06.45 udah harus ada di sekolah, Pulangnya jam 14.30 Wib kecuali hari Jum'at .. Hampir setiap hari belajar 8jam pelajaran ,jadi 6hari sekolah 8x6= 48 Jam pelajaran *Wota banget* .. Setiap hari hampir ada tugas,seharusnya sih kalau di sekolah udah belajar lama dirumah nya kaga usah belajar lagi .. Setiap pelajaran selalu berkelompok,mending kelompok nya sama lah ini setiap pelajaran kelompok nya beda beda mulu jadinya bingung.. *Ini yang terjadi di kelas ane,mungkin ajah ada yang sama*.. Murid diwajibkan untuk 5 M : Mengamati,Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar dan Mengkomunikasikan..
1. Mengamati : Mengamati pelajaran yang diterangin guru..
2. Menanyakan : Tanya jika tidak jelas tentang materi yang diberi.
3. Mengumpulkan Informasi : Mengumpulkan Informasi tentang materi yang diajar,biasanya sih harus nyari dari Internet sedangkan Internet itu harus kuota,Kuota itu harus beli.. bisa juga make HP yg ada paketan tapi biasanya disetiap sekolah itu dilarang membawa HP berkamera,kalau kaga lewat HP ya Laptop, Laptop ga semua siswa punya,Yang punya juga harus ada modem kalau kaga modem ya Wi-Fi sekolah,mirisnya Wi-Fi sekolah ane kaga sembarang bisa dibuka.
4. Menalar : Kalau ini ane ga tau artinya ..
5. Mengkomunikasi :Mengkomunikasikan ke siswa lain di depan kelas, Justru ini yang paling susah ya susah karna ga semua murid itu berani untuk maju..

Kesimpulan dari Bacotan ane "Ya seharusnya sih jam pelajaran di sekolah harus dikurangin, kalau kaga bisa dikurangin ya tugas nya harus dikurangin" Kembali lagi ke awal, Pemerintah buat Kurikulum 2013 kaya gini tuh agar SDM di Indonesia itu bisa lebih baik lagi.. Pesan dari ane untuk kalian yang jadi korban Kurikulum 2013 "Have fun ajah sama kurtilas ini, lama kelamaan juga biasa kok,jangan dibawa susah" Jujur,awalnya ane emang ngerasa kalau kurtilas itu nyusahin,banyak tugas tapi lama kelamaan mah terbiasa, So have fun guys!


EmoticonEmoticon